UPW

Usaha Perjalanan Wisata

Usaha perjalanan wisata adalah kompetensi keahlian bidang pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasan informasi tentang daerah wisata, pengelolaan dan penyelenggaraan jasa pariwisata dan usaha sarana pariwisata lainnya.

Keluarga UPW
Paket Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMKN 1 Pacet

 

Kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan atau instansi pariwisata, biro perjalanan wisata, agen perjalanan dan perusahaan penerbangan.

Dalam perkembangannya bidang kajian kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata meliputi pula penanganan acara dan kegiatan yang berhubungan dengan MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition). Bidang kajian ini berlaku khusus pada daerah tertentu.

 

Tujuan

UP-UPW
Kegiatan Pembelajaran Usaha Perjalanan Wisata SMKN 1 Pacet

Tujuan kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut:

    1. Mengelola informasi wisata
    2. Mengelola pemesanan jasa penerbangan udara
    3. Mengelola pembuatan dan pelaksanaan paket wisata
    4. Melaksanakan pemanduan wisata
    5. Melaksanakan

 

Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang Lingkup Pekerjaan siswa tamatan Kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata, akan menempati posisi di dunia industri/dunia usaha sebagai berikut:

  1. Staf Yunior Reservasi dan Ticketing
  2. Staf Yunior perencana perjalanan wisata (tour)
  3. Pramuwisata lokal di objek dan daya tarik wisata (local guide)
  4. Pramuwisata muda *)
  5. Staf pusat informasi wisata (tourist Information Centre)
  6. Pengelola agen perjalanan
  7. Staf Administrasi

 

Ujikom Jakarta City Tour - 20 Feb 2016
Uji Kompetensi Usaha Perjalanan Wisata SMKN 1 Pacet (Jakarta City Tour 2016)

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Produktif

  • Komunikasi Pelayanan Jasa Perjalanan Wisata
    • Mampu berkomunikasi dengan pelanggan/kolega baik lisan maupun tertulis dengan berbahasa Indonesia maupun bahasa asing
    • Memiliki jiwa menolong dan melayani kepada pelanggan dan kolega
    • Memahami standar penampilan diri dan mampu bekerjasama dengan orang lain dalam tim
    • Mampu mengatasi kesalahpahaman karena perbedaan budaya
    • Mampu menerapkan prinsip-prinsip K3LH dan melaksanakan sesuai prosedur
    • Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan
  • Pengetahuan Pariwisata
    • Memahami konsep dan prinsip dasar kepariwisataan
    • Menerapkan pengetahuan kepariwisataan dalam pelayanan
  • Pelayanan Prima
    • Memahami konsep dan prinsip dasar pelayanan prima
    • Memahami konsep karakteristik pelanggan
    • Mengatasi permasalahan sehubungan dengan keluhan pelanggan, dan konflik yang terjadi antara pelanngan dan perusahaan/instansi
  • Pengetahuan Administrasi
    • Mampu memproses pembuatan dokumen kantor
    • Mampu melaksanakan sistim kearsipan
    • Memahami prinsip dasar akuntansi
    • Melaksanakan prosedur penyusunan laporan keuangan sesuai dengan prinsip  akuntansi
LAB. UPW
Pembelajaran di Laboratorium UPW SMKN 1 PACET
  • Pengetahuan Daerah Tujuan Wisata
    • Menguasai informasi daerah tujuan wisata di Indonesia
    • Memberikan informasi tentang Obyek dan Daya tarik wisata di Indonesia
    • Memberikan saran kunjungan alternatif kepada pelanggan/wisatawan
  • Pengelolaan Tiket Penerbangan Udara
    • Menjawab panggilan telepon sesuai dengan telepon courtasy
    • Melaksanakan panggilan telepon sesuai dengan telepon courtasy
    • Mengirim dan menerima faksimili
    • Memberikan pelayanan pemesanan tempat jasa penerbangan baik manual maupun komputerisasi
    • Menghitung harga tiket penerbangan domestik dan internasional baik harga normal maupun promosi
    • Menyusun laporan penjualan tiket
  • Pengelolaan Perjalanan Wisata
    • Mengidentifikasi informasi yang diperlukan dalam memproses dokumen perjalanan selain tiker penerbangan
    • Memahami prosedur pengurusan dokumen perjalanan selain tiket penerbangan
    • Melaksanakan pengurusan dokumen perjalanan selain tiket penerbangan
    • Mengidentifikasi informasi tentang produk wisata di suatu Daerah tujuan wisata
    • Mengemas produk wisata dalam bentuk paket wisata
    • Melaksanakan pemesanan fasilitas wisata yang dibutuhkan dalam pelaksanaan perjalanan wisata
    • Menghitung harga paket wisata atas dasar permintaan
    • Menawarkan harga paket wisata kepada pelanggan
  • Pemanduan Perjalanan Wisata
    • Memahami kode etik pramuwisata indonesia dan role of conduct tour guide
    • Melaksanakan   pemanduan  wisata dan memberikan komentar pemanduan kepada wisatawan baik dalam tour maupun dalam transfer kedatangan dan keberangkatan
    • Memecahkan    masalah   yang  terjadi  pada  saat pelaksanaan  perjalanan wisata baik.