SMKN 1 Pacet Buka Ruang Bagi Siswa Kurang Mampu

SMKN 1 Pacet Buka Ruang Bagi Siswa Kurang Mampu

Faktor ekonomi seringkali menjadi alasan para orang tua untuk tidak melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. Mengatasi hal tersebut, SMKN 1 Pacet mengaku pihaknya siap menampung siswa kurang mampu.

 

Ketua Kejuruan Teknik Pengelohan Hasil Pertanian (TPHP) Muhammad Fadholi mengatakan, SMKN 1 Pacet menyediakan program beasiswa untuk menampung siswa kurang mampu.

 

“Bentuknya diklat kewirausahaan. Jadi siswa-siswi dari SMPN 1 Pacet, SMPN 1 Sukaresmi dan SMPN Bina Utama akan diseleksi dulu pihak sekolah siapa yang berhak mengikuti program ini. Proses penyeleksian kita meminta kepada pihak sekolah untuk mengutamakan siswa kurang mampu, lantaran nantinya program ini dilanjutkan untuk mendapatkan beasiswa,” terangnya.

Diklat yang diikuti 50 peserta ini, dilakukan selama empat hari. “Pemberian materi pada diklat ini seputar kewirausahaan. Mulai dari membuat paket usaha tahu, paket usaha susu kedelai, paket usaha keripik daun singkong, paket keripik jamur dan paket roti,” sebutnya.

 

Selama mengikuti diklat pihaknya juga memberikan penjelasan mengenai pentingnya pendidikan. “Sehingga hasilnya, dari 50 peserta yang ikut, 90 persen menyatakan ingin melanjutkan sekolah. Ini hasil yang bagus tentunya,” paparnya.

 

Ditambahkannya, usai mengikuti diklat, para siswa yang terpilih atau terbaik, yakni sebanyak 5 orang nantinya akan tetap mendapatkan pelatihan lanjutan. Lima orang ini juga berhak untuk mendapatkan beasiswa bersekolah di SMKN 1 Pacet.

 

Sementara itu, salah satu peserta dari SMPN Bina Utama Rian Akmal Fauzi mengaku senang bisa mengikuti diklat tersebut. Dikatakannya, melalui diklat ini, dirinya bisa menambah ilmu serta membuka peluangnya untuk melanjutkan sekolah.

 

“Senang bisa ikut diklat ini. Bisa tambah teman, tambah ilmu juga. Lebih senang lagi karena sudah ada bayangan untuk bisa sekolah ke tingkat sekolah menengah,” ungkapnya.

( sumber : http://www.beritacianjur.com/read/2408/smkn-1-pacet-buka-ruang-bagi-siswa-miskin )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *