Di Cianjur, Jurusan Pariwisata Tinggi Peminat

Di Cianjur, Jurusan Pariwisata Tinggi Peminat

Meski Cianjur tak lagi menjadi daerah destinasi wisata, ternyata tak menyurutkan minat siswa untuk melanjutkan ke Jurusan Pariwisata. Hal tersebut terbukti dengan data yang ada di SMKN 1 Pacet, untuk Jurusan Pariwisata selalu tinggi peminatnya.

 

Ketua Kompetensi Pariwisata Perhotelan Iin Indahayu mengatakan, setiap tahun jumlah siswa Jurusan Pariwisata makin bertambah. Untuk tahun ajaran 2015-2016, pihaknya menampung siswa kelas satu sebanyak enam kelas dengan masing-masing berjumlah 30 orang.

 

Diterangkannya, berada di lokasi wisata, menjadikan jurusan ini tidak pernah sepi peminat. “Alhamdulillah, Jurusan Perhotelan di sini banyak peminatnya. Selain karena berdekatan dengan tempat wisata, juga karena memang peluang kerja di pariwisata perhotelan masih banyak. Mengingat sampai saat ini masih banyak hotel-hotel baru yang dibangun, misalnya Hotel Sahid yang ada di Desa Palasari, Kecamatan Cipanas,” sebutnya.

 

Untuk mendidik siswa kejuruan yang saat ini banyak peminatnya agar bisa bersaing, sekolah menyediakan tempat praktek khusus, seperti adanya hotel di sekolah yang dipakai untuk praktek siswa. Namun, sewaktu-waktu hotel tersebut dapat disewakan untuk wisatawan yang mau menginap.

 

“Kita punya tempat praktek sendiri seperti hotel sendiri, yang saat ini memang keberadaannya belum banyak. Namun kerap kali akhir pekan sering dikunjungi oleh wisatawan, dan saat itulah para siswa mendapatkan kesempatan untuk praktek seolah di hotel,” tuturnya pada “BC”.

 

Melalui tempat praktek yang memadai, selain menunjang kesiapan siswa di dunia kerja juga mengundang banyak penghargaan yang bisa diraih siswanya. Diantaranya menjadi juara satu perlengkapan akomodasi perhotelan tingkat kabupaten serta tingkat provinsi. Karena prestasi inilah, SMKN 1 Pacet menjadi wakil Jabar di tingkat nasional untuk kategori yang sama.

 

Terpisah, siswi kelas XII Pariwisata Perhotelan Nada Fajriah mengaku, dirinya memilih jurusan tersebut selain permintaan orang tua, lantaran melihat peluang kerja yang nantinya bisa didapat.

 

“Awalnya tidak terlalu tertarik, namun setelah tahu dan melihat peluang kerjanya cukup bagus, ditambah juga ruang prakteknya sangat lengkap, saya jadi tertarik dan makin tertarik. Mudah-mudahan kedepannya bisa sesuai harapan,” ungkapnya.

( sumber : http://www.beritacianjur.com/read/2521/di-cianjur-jurusan-pariwisata-tinggi-peminat )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *